macro with canon & sigma lens


bismillah...

ini saat kesempatan melakukan tes pada lensa yang sudah sangat lama sekali tidak menggunakaanya, yakni lensa yang terdapat pada kamera canon eos 650 lama yang kebetulan memiliki lensa EF 28-70 dengan diafragma 3.5 - 4.5 yang sudah lama dibeli dari uang ayah :)


kesempatan ini juga mencoba menggunakan lensa canon ini dalam kegunaannya sebagai lensa macro, yakni dengan membalik lensa canon (ada cara lain juga yakni dengan mengatur jarak lensa terhadap bodi kamera dan tanpa membalik lensa, sangat-sangaat manual dan meminimalisir budget untuk situasi-situasi tertentu terutama ketertidaksediaan dana untuk membeli lensa macro sesungguhnya).


lensa kedua yang diagunakan adalah lensa sigma yang digunakan sebagai lensa primer yang dipasangkan langsung ke kamera, dan lensa canon-nya dibalik moncongnya dan di tempel pada ujung lensa sigma. Dan pada kesempatan kali ini juga saya menggunakan Kamera nikon.



sedikit review untuk kegiatan kali ini mengenai lensa canon baik kelebihan dan kekurangannya menurut saya selaku user, yang dirasakan adalah kemudahan, kenapa saya katakan mudah, karena lensa ini tidak ada tuas diafragma pada lensanya dan default bukaan adalah bukaan terbesar pada lensa tersebut, jadi itu saya rasakan tidak menyulitkan untuk menarik-narik tuas seperti yang saya lakukan pada jenis-jenis lensa nikon baru pada umum nya, barangkali ini tidak berlaku untuk lensa nikon lama yang biasanya terdapat diafragma yang manual yang bisa disetel pada keadaan yang kita inginkan.


bulir-bulir air yang terdapat pada botol air minum
kenapa membahas itu, menurut apa yang saya ketahui dan rasakan, diafragma sangat mempengaruhi dari ruang tajam yang akan kita dapat, semakin besar bukaan/diafragma yang kita buka maka akan semakin sempit ruang tajam yang kita dapat, begitupun sebaliknya. Jadi mungkin itu yang saya anggap kekurangan dari lensa canon karena bukaan/diafragma nya fix saat lensa dicopot dari bodi kamera.

semut ini lebih kecil dari semut hitam yang sebelum nya diposting pada link http://justu7uh.blogspot.com/2012/03/photo-slide-semut-hitam.html
abu rokok

so, semoga tulisan sedikit ini akan menjadikan manfaat buat semua
enjoy